Rahasia Memprediksi Suara Perkutut Yang Baik Dengan Memegang dan Meraba: Tubuh, Tulang, Supit, Sisik dll

Memilih perkutut dengan memegang dan meraba tentu akan lebih jelas dan nyata. Walaupun perkutut bakalan sekalipun, kita tidak merasa sangsi karena masih mempunyai pengharapan.

Pada dasarnya perkutut yang halus suaranya bila dipegang ditangan rasanya mimpes halus seperti memegang kapuk (kapas).

Jika pegangan terasa kaku atau kasar maka suaranya juga akan kasar.
Setelah teman2 pegang, jepit kaki burung antara jari telunjuk dan jari tengah supaya tidak terlepas. Mari kita mulai cek satu persatu.

KEPALA : 
Raba tengah2 kepala, rasakan dibawah kulit ada semacam lekukan (kalenan). Letaknya antara tulang dahi kiri dan kanan.

Jika terasa agak dalam ini yg baik suaranya. Sedang pada akhir tulang kepala dibagian belakang ada yg terasa bulat seperti kerikil sebesar kacang kedelai.

Makin besar makin baik, karena kalau tulang ini besar suaranya bisa stabil, artinya jika jatuhnya suara kung tentunya terus menerus kung.

BUNGUR : 
bungur adalah 2 gundukan yg terletak dipangkal paruh, tepatnya diatas lubang hidung agak kemuka. Jika gundukan besar seperti burung merpati pos, biasanya suaranya kung. Bungur yg baik berwarna biru tua karena tahan sinar matahari. Yg kurang baik warna putih, biru atau ungu.

BULU JENGGOT : 
jika letaknya agak kemuka dari garis lubang hidung, biasanya suaranya keras, jika bulu ini berdiri suaranya kasar.

LEHER : 
jika pipa kerongkongan diraba terasa besar, maka suara besar. Kalau kecil suara pasti kecil. Letak kerongkongan yg lurus, baik suaranya. Kalau letaknya miring maka suaranya tidak stabil.

BRUTU : 
Pilih brutu yg besar, seperti memilih ayam aduan.

SUPITAN :
pilih supitan yg sedang saja. Jangan terlalu rapat atau terlalu lebar. Kalau terlalu rapat suara pendek dan tidak kung. Sebaliknya bila terlalu lebar, kalau bukan perkutut betina maka suaranya akan noklak disiang hari.

KAKI :
Jangan pilih kaki perkutut yg ada bintik2 merah, biasanya sangat liar.

SISIK : Sisik kaki perkutut yg baik coraknya teratur lurus dan tidak berantakan. Jumlah normal 18/20 sisik. Carilah yg jumlah 21 inilah yg baik. Sisik yang dari atas kebawah terbelah 2 (Rajawana) juga bagus. Sisik jari yg menghadap belakang baik kalau terdiri dari 5 sisik. Jika lebar sisik kaki perkutut yang besar diatas dan kecil dibawah, maka diprediksi suara depan besar dan suara akhir kecil, demikian sebaliknya.

SAYAP : 
Bulu sayap yg baik adalah yang lebar dan kuat. Jika bulu sayap paling ujung berbentuk seperti pedang agak melengkung biasanya bersuara kung. Bulu sayap yang baik berjumlah 21 atau 25 helai.

EKOR : 
Bulu ekor perkutut jika terbang adalah alat pengemudi, jumlah standar bulu ekor adalah 14. Jika 15 pendowo mijil. Kalau hanya 13 maka tanda tabiat burung berani.

SUHU BADAN : 
Perkutut adalah burung berdarah panas, biasanya suhu diatas 40" C. Tulang2nya meskipun ringan namun kuat karena berisi banyak zat kapur 85%, dan tdk bersumsum. Jadi perkutut yg baik suhu badan lebih panas dari pada suhu badan kita bila dipegang. Jika lebih dingin dari suhu badan kita, maka pertanda perkutut tsb tidak sehat atau tidak bagus suaranya.

Demikian sekilas pengetahuan prediksi suara perkutut. Kurang lebihnya mohon dimaafkan. Semoga bisa memberikan sedikit pengetahuan.