12 Tips Berternak Burung Perkutut Agar Sukses
Berikut ini adalah 12 Tips  Berternak Perkutut Agar Sukses, yang Kami tulis sebagai Pembelajaran untuk Kami Pribadi dan tentunya dapat bermanfaat bagi Teman - teman yang ingin memulai Ternak Burung Perkutut.

semua yang kami rangkum di sini adalah hasil dari pengalaman Pribadi kami mulai awal dan sampai Peternakan Burung Perkutut Go-Tut Bird Farm semakin Maju dan banyak di minati dari Kota Yogyakarta maupun dari luar Kota.

baerkut ini adalah 12 Tips Berternak Burung Perkutut yang bisa Anda Terapkan :


1. Memiliki Hobi / Suka pada Burung Perkutut.

dengan modal Suka dan sebagai Pengemar Burung Perkutut adalah salah satu modal awal untuk menjadi Peternak Burung Perkutut, karena jika Anda Hobi dan Suka Burung Perkutut akan lebih giat untuk merawat Burung Perkutut Anda.


2. Niat Untuk Beternak Burung Perkutut.

jangan remehkan untuk yang satu ini , Niat membaca Bismillah dan menjalani dengan Alhamdulillah , semoga Tuhan meridhoi atas usaha Anda nantinya.

selain itu Niat juga untuk menggunakan sebagian Hasil dari Peternakan Burung Perkutut Anda untuk Berbagi agar di mudahkan jalan Anda.


3. Mempersiapkan Lahan.

lahan untuk Berternak Burung Perkutut tidaklah harus Luas, yang penting cukup mendapatkan sinar Matahari di pagi hari untuk menjaga Kesehatan Burung Perkutut.
jika Anda Tidak memiliki Lahan sendiri, Anda bida menyewa Lahan Tahunan untuk Ternak Burung Perkutut.
dan jika Anda menerapkan semua cara di Artikel ini , dalam waktu 1 thun keuntungan akan cukup untuk menutup Modal dan Sewa lahan selama 5 thn.


4. Membuat Kandang Ternak.

salah satu modal utama yang harud di persiapkan di awal adalah pembuatan Kandang untuk Berternak Burung Perkutut.

pembuatan Kandang bisa menggunakan bahan Kayu, Holow galvalum, atau jika Anda memiliki Dana besar Anda bisa menggunakan Almunuium.

pembuatan Kandang ternak bisa di sesuaikan dengan Lahan Anda. bisa dengan Kandang Tingkat ataupun Kandang Standar Penangkaran.

untuk menjaga Kesehatan, kenyamanan , dan keamanan dari gangguan Predator sekaligus mengutamakan agar Burung Perkutut cepat Bertelur perlu Anda Pikirkan dari awal.


5. Membeli Bahan Materi Ternak dengan Menentukan Target Pemasaran.

Target Pemasaran sangat perlu di persiapkan dari Awal sebelum Anda membeli Bahan untuk Indukan Burung Perkutut.

tentukan dahulu Target Pemasaran Anda apakan Produk Anda akan di Pasarkan di Kalangan Umum , Kalangan Menengah , atau Kalangan Atas.

untuk Kalangan :
  • Kalangan Umum .
biasanya menyediakan Burung Perkutut untuk di jual lagi ke para Pedagang ( sistem Borong ).
Untuk main di Target ini Anda bisa membeli indukan Perkutut Jenis Bangkok yang Murah - murah,  dengan tidak mementingkan Kualitas Suaranya.

modal yang Anda keluarkan Tidak terlalu besar, namun Anda lebih kesusahan untuk menjual Anakan Burung Perkutut Anda ( Kecuali di jual Borongan ).

Ongkos Perawatan dan Pakan yang semakin mahal tidak sesuai dengan Harga Anakan Burung Perkutut Anda, yang di khawatirkan Anda bosan dan berhenti di tengah jalan.

  • Kalangan Menengah Ke atas.
Biasanya menyediakan Burung Perkutut untuk Materi Ternak dan Bahan Lomba.
Untuk main di Target ini , tentunya membutuhkan Modal yang lumayan besar, mulai dari Pembuatan Kandang Peternakan yang lebih Profesional dan membeli Anakan Burung Perkutut dengan Silsilah atau Garis keturunan untuk Bahan Materi Ternak Lumayan Mahal.

Para Pembeli biasanya Perseorangan, mencari Burung Perkutut untuk Materi ternak dan untuk bahan Lomba.

dengan merekam Suara Indukan atau menguplond Foto Kitir / Tanda Kelahiran Burung Perkutut kemudian di Posting di jejaring sosial akan banyak yang merespon.

biasa untuk Main di Kalangan Menengah ke atas adalah menyediakan Burung Perkutut untuk Materi Ternak dan Bahan Lomba.


6. Membuat Brand / Merek untuk Produk Anda.

Berilah Nama untu Peternakan Burung Perkutut Anda, yang bagus, unik, dan mudah di ingat. hal ini sangat perlu untuk Anda lakukan agar Para Calon Pembeli dapat menemukan Anda dengan cepat.
pemberian nama / Brand sangat berpengaruh dan menjadi Cerminan / gambaran Peternakan Burung Perkutut Anda.

7. Membuat Gelang / Ring Peternak.

agar semakin banyak orang yang mengenal kualitas Produk Anda , selain membuat Brand / Merek Peternakan Anda, Anda juga perlu membuat Ring gelang yang terdapat tulisan Nama Peternakan Anda.

Anda juga bisa nenerapkan nomer hp Anda pada gelang tersebut, agar orang lain akan mudah menghubungi Anda ketika melihat Ring pada Kaki Burung Perkutut Anda.

8. Membuat Kitir / Keterangan Kelahiran.

Anda Perlu membuat Kitir / Keterangan Kelahiran Burung Anda. dengan Adanya Kitir maka pembeli dapat melihat usia , Trah darah, dll pada burung Anda.

Burung Perkutut yang Berkualitas namun tidak ada Kitirnya bisa di ibaratkan seperti Motor tidak ada surat suratnya. walaupun suaranya bagus namun di penjualan akan menjadi persoalan.

9. Merawat dan Memberikan Makanan yang bernutrisi.

Agar Burung Perkutut Anda selalu sehat , Kualitas Telur bagus , anda perlu memberikan makanan yang Bergizi dan bernutrisi tingi.

yang di harapkan Burung perkutut Anda selalu sehat dan Kualitas Telur Perkutut Anda bagus.
Burung perkutut adalah burung yang suka biji bijian, seperti : milet Putih, Milet merah dll.

anda bisa meracik Pakan Burung Perkutut sendiri dengan bahan bahan yang mudah Anda dapatkan di kios - kios pakan Burung terdekat.

10.Membersihkan Kotoran dan Memberikan Vitamin.

agar Burung Perkutut Anda sehat bersihkan kotoran - kotoran burung Perkutut anda minimal 2 hari sekali. hal itu agar burung perkutut tidak memakan kotoran keringnya sendiri, yang di khawatirkan akan mengganggu kesehatan Burung Perkutut Anda.

selain membersihkan Kotoran Burung Perkutut, Anda juga perlu memberikan Vitamin yang bisa Anda beli di toko - toko pakan Burung terdekat.

untuk mereknya tidak kami sebutkan { di kira Promosi ) wkwkwkwk,,,,,!!!. ada banyak Vitamin Burung, tinggal Anda bilang Vitamin untuk Burung Perkutut ke penjualya saja.


11. Rajin Sekolah dan Sherink kepada Senior.

malu bertanya sesat di jalan, begitulah pribahasanya .
untuk menambah pengetahuan tentang Cara Menjodohkan Burung Perkutut, Cara Merawat Burung Perkutut, Cara Menyilangkan Perkutut agar menghasilkan suara yang bagus dll perlu Anda Sherink - shering ke Senior yang sudah malang melintang di dunia Peternakan Burung Perkutut.

12. Promosikan Produk Anda.

jika Burung Perkutut anda sudah lancar berproduksi , lakah selanjutnya adalah mempromosikan / menewarkan Produk Anda kepada masyarakat.
bisa di lakukan dengan Media Sosial seperti Facebook, Instalgram, Website dll.