6 Hal Yang Menbuat Burung Perkutut Stres . berikut ini adalah beberapa faktor yang membuat burung perkutut stres yang mengakibatkan macet Produksi.

Burung perkutut adalah hewan yang mudah stres walaupun kita tidak bermaksut mengusik hanya merawat dan memberi minum dan makanan.

Burung Perkutut yang Stres banyak terjadi di sebuah Penangkaran burung Perkutut, karena jika ada 1 burung yang ketakutan / klabakan maka burung burung lainya pun ikut ketakutan juga.

berikut ini adalah 6 Hal Yang Menbuat Burung Perkutut Stres | Macet Produksi dan cara mencegahnya, semoga bisa bermanfaat untuk Kita semua.


6 Hal Yang Menbuat Burung Perkutut Stres | Macet Produksi ;

1. Faktor Lingkungan.
burung perkutut lebih suka pada tempat yang agak sepi dan tidak bising. jika lingkungan kandang penangkaran terlalu berisik atau ramai maka akan sangat berpengaruh pada Produktifitas burung perkutut.

lingkungan yang sepi daqn terdapat pencahayaan Sinar matahari serta Udara yang bebas akan membuat burung perkutut lebih tenang dan lebih mudah berproduksi.

saran : buatlah kandang penangkaran di pekarangan yang tidak terlalu ramai ,serta berikan pagar agar burung perkutut lebih tenang.

2. Jangan Masuk Kandang Perkutut dengan warna baju Merah.
dari sebuah pengalaman saya, Burung perkutut akan takut pada warna merah, hal itu saya buktikan ketika ingin memberi pakan .

ternyata Burung perkutut sangat ketakutan hingga muka berlumuran darah akibat menabrak Strimin kandang.

namun ketika saya memakai baju warna coklat atau gelap, burung perkutut kembali tenang walaupun saya masuk kandang.
saran : hindari memakai baju yang terang kususnya warna merah.

3. Membawa Galah / kayu Panjang di Lingkungan Kandang.
walaupun tak bermaksut menyakiti burung perkutut, namun jika kita membawa kayu atau banbu panjang , burung perkutut akan mengira bahwa kehadiran kita adalah ancaman,
maka burung perkutut akan ketakutan .
maka hindari membawa kayu / bambu di dlam lingkungan kandang burung Perkutut.

4.Mengajak Calon Konsumen / Pembeli Masuk di lingkungan Kandang.
Burung Perkutut tau mana yang majikanya dan juga mana yang orang asing,
maka jika ada orang asing masuk kandang , burung perkutut akan ketakutan, dan mengakibatkan burung stres, bahkan Burung Perkutut yang mengerak di khawatirkan tidak mau mengeram lagi / membuang telurnya.
saran : jangan ajak masuk calon pembeli ke kandang penangkaran.

5. Gangguan Predator.
berikan Pagar untuk mencegah adanya hewan lain masuk.
burung perkutut sangat takut pada kucing, ayam, kadal, tikus dll.
untuk kelancaran Produktifitas Burung Perkutut, buatlah pagar kandang yang agak tinggi / minimal sama tingginya dengan kandang penangkaran.

6. Atap Kandang yang Berisik Ketika Musim Hujan.
Penggunaan atap Fiber memang bagus ketika musim kemarau, namun di musim hujan air yang mengenai atap fiber akan lebih berisik yang membuat burung perkutut ketakutan.

nah itulah tadi 6 hal yang membuat Burung Perkutut Stres dan Macet Produksi, semoga bermanfaat.